Hari Ulang Tahun MTs Ma'arif NU 1 Jatilawang Ke-53

Hajat besar madrasah menjadikan banyak pihak terkait dan terlibat untuk menyukseskan  acaranya. Ulang Tahun MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang yang ke-53 akan dirayakan tepatnya pada tanggal 27, 28 dan 29 Februari 2020, namun Kesibukan menyongsong hari itu sudah terasa dan sudah dimulai dua hari sebelumnya dengan kerja bakti kebersihan ruang kelas masing-masing mulai kelas 7, kelas 8 hingga kelas 9 serentak oleh seluruh siswa, dilanjutkan kebersihan lingkungan madrasah, untuk :
Kelas 7 membersihkan halaman tengah dan halaman barat,
Kelas 8 membersihkan halaman depan sampai pinggir jalan raya, sedangkan
Kelas 9 membersihkan jalan timur gedung madrasah.

Sehari menjelang pelaksanaan adalah kegiatan Ceksound untuk para personil (siswa) yang akan tampil di panggung.  Seluruh siswa yang mewakili masing-masing kelas di data dan sesuai urutannya dipersilahkan untuk uji coba menampilkan karya seninya, sehingga pada saat tampil asli di hadapan audiens dan seluruh pengunjung sudah benar-benar siap dan OK.

Sesuai dengan Agenda kegiatan Harlah, adalah :
Tanggal 27 Feb 2020 Peresmian gedung baru MTs dan Pengajian Akbar
Tanggal 28 Feb 2020 Ziarah ke makam para wali dan pendiri Madrasah dan lomba Kreasi Tumpeng 
Tanggal 29 Feb 2020 Sepeda Sehat berhadiah dan Pentas Kreasi Seni Siswa

Melanjutkan rangkaian kegiatan setelah ceksound adalah persiapan dan penataan tratag dan penataan panggung  sekaligus tata dekorasinya. Tepatnya malam Kamis, 26 Februari 2020 mulai sore hingga malam dan sampai tengah malam.. seluruh Panitia bahu membahu saling membantu dan melengkapi menata meja kursi, menata panggung, menata dekorasi, tata lampu, bunga-bunga hias dan juga peralataan sound.

Dilanjutkan esok harinya, tepatnya kamis 26 Februari 2020 adalah kegiatan Pengajian Akbar dalam Harlah yang dihadiri oleh seluruh Wali Murid kelas 7, kelas 8 dan kelas 9.
Dalam acara ini dihadiri pula oleh tokoh-tokoh NU, para pendiri MTs, dan juga pejabat Kemenag Kabupaten banyumas. Diantara beliau-beliau adalah Bpk H Ahmad Ma'sum, BA. , Bpk Kartim A. Sukarno, Bpk. Sudir Waluyo (sebagai pendiri MTs), Bpk Atam Suwarno, KH. Muhammad Dzuhroni, Kyai Mukhlisin Cashbulloh (Pengasuh Pondok Pesantren), Bpk. Dr. Fauzi, M.Ag (Ketua PC. LP Maarif Kab. Banyumas) dan Bpk Edi Sungkowo, M.Pd (K.asi Penma Kemenag). 


Dalam sambutan Kepala Madrasah Bpk Hanif Fauzi, S.Ag., M.Pd.I. mengatakan bahwa sekarang jumlah siswa MTs Ma'arif NU 1 Jatilawang berjumlah 1100an lebih, jumlah siswa sekolah terbanyak se-Kab. Banyumas selain itu jumlah fasilitasnyapun bertambah dari penambahan ruang kelas yang kini menjadi 28 kelas dengan 3 lantai, masjid dengan luas 10 x 10m, Gedung Serbaguna, dan terakhir pengadaan komputer 100 unit sehingga sekarang sdh bisa mandiri melaksanakan UNBK, UAMBNBK, UMBK. beliau juga menyampaikan bahwa kita patut berterimakasih kepada para pelopor pendiri MTs yg terdiri dari 9 orang tersebut yang punya visi dan misi jauh ke depan untuk keberlangsungan pendidikan islam yang berhaluan Ahlussunah Waljamaah Annahdliyah / NU


Namun sebelum penyampaian ceramah keagamaan, diawali terlebih dulu dengan Acara Peresmian Gedung Baru MTs Maarif NU 1 Jatilawang oleh segenap Tokoh, Kyai, Pejabat serta segenap Guru-guru yang dipimpin oleh Almukarom KH. Muhammad Dzuhroni.


Setelah Peresmian Gedung selseai, dilanjutkan Pengajian Umum oleh Almukarom KH. Fatkhurrohman dari Kranggan Ajibarang. Dalam isi ceramahnya, beliau Sang Kyai berpesan bahwa betapa sangat pentingnya memberikan pendidikan kepada anak tentunya dengan memilihkan serta memasukan putra-putrinya ke dalam sekolah-sekolah atau madrasah yang tidak hanya mempelajari ilmu umum, akan tetapi lebih diutamakan adalah madrasah yang memadukan ilmu-ilmu agama dan ilmu umum sehingga selain mempelajari bekal dunia namun juga dilengkapi dengan bekal-bekal akhirat serta lebih penting lagi adalah mencetak jiwa yang sholeh sholehah, berakhlakul karimah, bener pinter dan idhep mbener. Maka tepatlah jika MTs Maarif NU 1 Jatilawang ini menjadi pilihan Nomor satu. 

Rangkaian kegiatan Harlah berikutnya adalah Ziarah ke Makam para tokoh NU dan para pendiri MTs Maarif NU 1 Jatilawang di Kedung Legok.

Kontributor: Ahmad Qodir

Posting Komentar

0 Komentar