Merauke, Ma'arif-NU Online - Bak mutiara yang bangkit dari timur.
Senantiasa bersinar meski terbenam di dalam keranjang lumpur. Tetap
berkilau meski berada di hamparan pasir. Begitulah sekilas yang
terbayangkan, jika menatap dari dekat sosok sebuah madrasah atau sekolah
di daerah paling timur nusantara, yakni di tanah Papua. Dengan segala
keterbatasan sarana yang dimilikinya, namun masih mampu berkembang dan
meraih segudang prestasi.
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ma'arif Merauke, Papua, sebagai satuan
pendidikan setingkat sekolah dasar (SD) menjadi salah satu contoh sukses
pengelolaan madrasah meski hanya dengan modal sarana yang minim, namun
keberhasilan ternyata dapat diraih bila dilakukan denga ikhlas dan kerja
keras.
Berdiri sejak tahun 1999, MI.AL-Ma’arif merupakan madrasah ibtidaiyah
yang dikelola oleh Yayasan Islam di Kabupaten Merauke, menjadi binaan
LP Ma'arif NU hingga berjalan saat ini. Pada awal berdirinya Kepala
Madrasah dijabat oleh Ibu Ibnu Hajar, sedangkan Ketua Lembaga
Pendidikannya dijabat oleh Suyatno.
Pada tahun ajaran 2000/2001 terjadi pergantian Kepala Madarasah yaitu
dipercayakan kepada Siswati. Begitu pula pada tahun ajaran 2001/2002,
kembali dilakukan pergantian kepala madrasah yang dipegang Dra. Hj.
Ma’rifah dan Budi Wahono, S.Sos sebagai pemangku ketua lembaga
pendidikan hingga sekarang ini.
Sejak dipimpin Dra. Hj. Ma’rifah madarasah ini mulai merangkak maju
bahkan nampak berkembang pesat. Antosias dan kepercayaan masyarakat
Kabupaten Merauke yang cukup mengapresiasi berdirinya madrasahi, makin
menambah semanagat pendidik untuk memacu mutu pembelajaran. Hal tersebut
dibuktikan dengan mutu lulusannya yang banyak meraih prestasi, tercatat
tak sedikit siswa-siswinya dapat melanjutkan ke jenjang sekolah di
Kabupaten Merauke maupun yang di luar Kabupaten Merauke, termasuk sampai
di Pulau Jawa dan daerah lainnya.
Menurut sebagian besar masyarakat Merauke menganggap bahwa
MI.AL-Ma’arif merupakan sekolah unggulan di Kabupaten Merauke untuk
tingkat Madrasah Ibtidaiyah, bahkan pada tahun 2009 pernah mendapat
penghargaan sebagai madrasah terbaik di seluruh Provinsi Papua.
Visi dan Tujuan
Sebagai sekolah unggulan MI.AL-Ma’arif Merauke mempunyai visi dan
misi yaitu membina akhlaq, meraih prestasi, berwawasan yang dilandasi
nilai-nilai keimanan dan budaya luhur sesuai dengan agama Islam dan
mengikuti ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah serta menjadi sekolah
terpercaya di masyarakat.
Adapun misi yang dikembangkannya adalah 1) Menanamkan
keyakinan/akidah akhlak melalui pengetahuan dan ajaran Islam (Ahlul
Snuah Waljama’ah); 2) Menyiapkan Generasi Unggulan yang memiliki potensi
di bidang IMTAQ dan IPTEK; 3) Membentuk sumber daya manusia yang aktif,
kreatif dan inofativ sesuai dengan perkembangan zaman. 4) Membangun
Citra sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat; 5) Menyediakan
sarana dan prasarana yang memadai guna keterlaksanaannya pembelajaran
efektif dan bermutu; 6) Meningkatkan kompetensi dan kinerja pendidik dan
tenaga kependidikan; 7) Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang
mencakup pengembangan kompetensi dan pelestarian budaya.
Dalam upaya mengejar ketertinggalan khususnya terkait proses belajar
mengajar, maka tujuan jangka panjang untuk tahun 2011-2019 yang ingin
dicapai, sebagaimana diungkapkan Hj.Ma'rifah selaku Kepala Madarasah,
diantaranya ingin memiliki perangkat pembelajaran prasarana sesuai
dengan jumlah rombongan belajar. Teermasuk juga memiliki perangkat
pembelajaran kelas 1-6 untuk semua mata pelajaran sesuai dengan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sarana dan prasarana yang
standart, ruang Laboratorium Bahasa, Komputer, keterampilan, kesenian
dan ruang serba guna, drumband dan group qosidah untuk meningkatkan
ketrampilan dan pengetahuan siswa, serta memiliki tenaga pendidik
berkualifikasi S I dan sertifikasi 100 %.
Demikian pula dalam jangka pendek, MI Al-Ma'arif mentargetkan anak
didiknya menjadi anak yang mampu menjalankan ibadah yaumiyah yang tertib
dan istiqomah; mampu membaca Al-Qur’an dengan Tartil; berakhlak mulia;
diharapkan hatam dan hafal juz’amma; mampu mengikuti pelajaran Bahasa
Inggris dan Bahada Arab; meraih prestasi akademik maupun non akademik
baik tingkat kabupaten/kota/propinsi maupun tingkat nasional.
Untuk mewujudkan madrasah unggulan, Ma'rifah menambahkan bahwa MI
yang dipimpinnya, menekankan terwujudnya hubungan yang harmonis dan
dinamis antara guru dengan kepala sekolah, antara guru dengan siswa,
antara warga sekolah dengan masyarakat. Karena itu, tujuan program
madrasah ini disusun untuk dijadikan pedoman bagi kepala madrasah, guru
serta karyawan MI.Al-Ma’arif Merauke yang secara langsung berkaitan
dengan kegiatan kurikulum maupun kegiatan ekstrakulikuler agar tercapai
tujuan.
Jika demikian, selangkah lagi madrasah ini tidak hanya mampu melesat
maju dan tak bisa dipandang sebelah mata, perkembangannya kelak bahkan
bisa sejajar dengan standar madrasah di daerah lain yang lebih dulu
berdiri tentunya. Merauke. (wago)
0 Komentar
Terima kasih atas saran dan komentar anda