MI Al-Ma’arif Merauke, Siapkan Generasi Unggul Berprestasi

Merauke, Ma'arif-NU Online - Bak mutiara yang bangkit dari timur. Senantiasa bersinar meski terbenam di dalam keranjang lumpur. Tetap berkilau meski berada di hamparan pasir. Begitulah sekilas yang terbayangkan, jika menatap dari dekat sosok sebuah madrasah atau sekolah di daerah paling timur nusantara, yakni di tanah Papua. Dengan segala keterbatasan sarana yang dimilikinya, namun masih mampu berkembang dan meraih segudang prestasi.

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ma'arif Merauke, Papua, sebagai satuan pendidikan setingkat sekolah dasar (SD) menjadi salah satu contoh sukses pengelolaan madrasah meski hanya dengan modal sarana yang minim, namun keberhasilan ternyata dapat diraih bila dilakukan denga ikhlas dan kerja keras.

Berdiri sejak tahun 1999, MI.AL-Ma’arif merupakan madrasah ibtidaiyah yang dikelola oleh Yayasan Islam di Kabupaten Merauke, menjadi binaan LP Ma'arif NU hingga berjalan saat ini. Pada awal berdirinya Kepala Madrasah dijabat oleh Ibu Ibnu Hajar, sedangkan Ketua Lembaga Pendidikannya dijabat oleh Suyatno.

Pada tahun ajaran 2000/2001 terjadi pergantian Kepala Madarasah yaitu dipercayakan kepada Siswati. Begitu pula pada tahun ajaran 2001/2002, kembali dilakukan pergantian kepala madrasah yang dipegang Dra. Hj. Ma’rifah dan Budi Wahono, S.Sos sebagai pemangku ketua lembaga pendidikan hingga sekarang ini.

Sejak dipimpin Dra. Hj. Ma’rifah madarasah ini mulai merangkak maju bahkan nampak berkembang pesat. Antosias dan kepercayaan masyarakat Kabupaten Merauke yang cukup mengapresiasi berdirinya madrasahi, makin menambah semanagat pendidik untuk memacu mutu pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan mutu lulusannya yang banyak meraih prestasi, tercatat tak sedikit siswa-siswinya dapat melanjutkan ke jenjang sekolah di Kabupaten Merauke maupun yang di luar Kabupaten Merauke, termasuk sampai di Pulau Jawa dan daerah lainnya.

Menurut sebagian besar masyarakat Merauke menganggap bahwa MI.AL-Ma’arif merupakan sekolah unggulan di Kabupaten Merauke untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah, bahkan pada tahun 2009 pernah mendapat penghargaan sebagai madrasah terbaik di seluruh Provinsi Papua.
Visi dan Tujuan

Sebagai sekolah unggulan MI.AL-Ma’arif Merauke mempunyai visi dan misi yaitu membina akhlaq, meraih prestasi, berwawasan yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan budaya luhur sesuai dengan agama Islam dan mengikuti ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah serta menjadi sekolah terpercaya di masyarakat.

Adapun misi yang dikembangkannya adalah 1) Menanamkan keyakinan/akidah akhlak melalui pengetahuan dan ajaran Islam (Ahlul Snuah Waljama’ah); 2) Menyiapkan Generasi Unggulan yang memiliki potensi di bidang IMTAQ dan IPTEK; 3) Membentuk sumber daya manusia yang aktif, kreatif dan inofativ sesuai dengan perkembangan zaman. 4) Membangun Citra sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat; 5) Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai guna keterlaksanaannya pembelajaran efektif dan bermutu; 6) Meningkatkan kompetensi dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan; 7) Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang mencakup pengembangan kompetensi dan pelestarian budaya.

Dalam upaya mengejar ketertinggalan khususnya terkait proses belajar mengajar, maka tujuan jangka panjang untuk tahun 2011-2019 yang ingin dicapai, sebagaimana diungkapkan Hj.Ma'rifah selaku Kepala Madarasah, diantaranya ingin memiliki perangkat pembelajaran prasarana sesuai dengan jumlah rombongan belajar. Teermasuk juga memiliki perangkat pembelajaran kelas 1-6 untuk semua mata pelajaran sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sarana dan prasarana yang standart, ruang Laboratorium Bahasa, Komputer, keterampilan, kesenian dan ruang serba guna, drumband dan group qosidah untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan siswa, serta memiliki tenaga pendidik berkualifikasi S I dan sertifikasi 100 %.

Demikian pula dalam jangka pendek, MI Al-Ma'arif mentargetkan anak didiknya menjadi anak yang mampu menjalankan ibadah yaumiyah yang tertib dan istiqomah; mampu membaca Al-Qur’an dengan Tartil; berakhlak mulia; diharapkan hatam dan hafal juz’amma; mampu mengikuti pelajaran Bahasa Inggris dan Bahada Arab; meraih prestasi akademik maupun non akademik baik tingkat kabupaten/kota/propinsi maupun tingkat nasional.

Untuk mewujudkan madrasah unggulan, Ma'rifah menambahkan bahwa MI yang dipimpinnya, menekankan terwujudnya hubungan yang harmonis dan dinamis antara guru dengan kepala sekolah, antara guru dengan siswa, antara warga sekolah dengan masyarakat. Karena itu, tujuan program madrasah ini disusun untuk dijadikan pedoman bagi kepala madrasah, guru serta karyawan MI.Al-Ma’arif Merauke yang secara langsung berkaitan dengan kegiatan kurikulum maupun kegiatan ekstrakulikuler agar tercapai tujuan.

Jika demikian, selangkah lagi madrasah ini tidak hanya mampu melesat maju dan tak bisa dipandang sebelah mata, perkembangannya kelak bahkan bisa sejajar dengan standar madrasah di daerah lain yang lebih dulu berdiri tentunya. Merauke. (wago)

Posting Komentar

0 Komentar