Akhir dari Perjalanan Pendidikan Tahun Pelajaran 2019-2020


Tahun Pelajaran 2019-2020 ini, dunia pendidikan baik di dalam maupun luar negeri terhambat dalam  target penuntasan kurikulum pendidikan karena adanya pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) yang menyebabkan himbauan untuk seluruh siswa harus belajar di rumah, menerima penyampaian pelajaran di rumah, dan juga melaksanakan kewajiban mengerjakan tugas-tugas ulangan maupun ujian tetap dari rumah dengan sistem daring (dalam jaringan) menggunakan media baik gadget maupun media lainnya.

Demikian pula dengan MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang, para guru menyampaikan materi-materi pembelajaran sesuai Mapelnya dan memberikan tugas-tugas ulangan harian ataupun ulangan Semester dari rumah, sementara para siswa menerima semua  materi dan mengerjakan tugas, ulangan di rumah, sehingga sudah menjadi keharusan bagi setiap siswa untuk mengadakan media gadget maupun media lainnya.

Terlebih untuk kelas akhir MTs Maarif NU 1 Jatilawang yakni kelas IX, pada tahun pelajaran 2019-2020 ini pelaksanaan Ujian Madrasah dan juga UAMBN yang menjadi akhir Ujian bagi siswa ditiadakan. namun masih di beri kewenangan bagi sekolah untuk melaksanakan ujian mandiri

Sementara kelas VII dan kelas VIII, untuk pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) ini juga dilakukan dengan on-line (daring), sehingga gadget itu wajib diadakan oleh seluruh siswa meskipun harus pinjam.

Bapak Hanif Fauzi, S.Ag, M.Pd. selaku Kepala Madrasah menyarankan kepada setiap Guru, sesuai mapelnya masing-masing agar membuat soal-soal PAT ON-LINE dengan menggunakan Google Formulir, dan sesuai jadwal pelaksanaan PAT On-Line yang sudah  ditentukan oleh Madrasah berdasarkan instruksi dari LP. Maarif Kabupaten Banyumas yang insyalloh akan dimulai pada tanggal 3 hingga 11 Juni 2020, PAT dilaksanakan dengan dishare ke setiap siswa melalui grup-grup kelas masing-masing secara serentak sehingga siswa mengerjakan PAT dalam waktu yang bersamaan tetapi tetap dari rumahnya masing-masing.

Sebelum pelaksanaan PAT On-Line untuk kelas VII dan kelas VIII, Bapak Hanif Fauzi, S.Ag, M.Pd mengundang seluruh Guru untuk briefing persiapan PAT On-Line pada tanggal 15 Mei 2020, sedang briefing dilaksanakan di “Out Dor” halaman Madrasah dengan setiap guru wajib menggunakan masker. Bersamaan dengan itu, bertepatan pula dengan jelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Oleh karena itu acara briefing ini diakhiri dengan pembagian THR dan juga Parsel.

Demikian halnya dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2020-2021, MTs MAARIF NU 1 JATILAWANG menyosialisasikan dan memasyarakatkan dengan berbagai poster, spanduk, pamplet, stiker, home visit, door to door dan juga secara ON-LINE.

Harapan bersama, semoga MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang tetap menjadi kebanggaan dan selalu terbukti membanggakan Warga

Kontributor: Ahmad Qodir

Posting Komentar

0 Komentar