Hari Santri Nasional 2019: Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia


Hajatan tahunan yang membanggakan dan telah diakui keberadaannya, bahkan telah diresmikan oleh Pemerintah yakni tanggal 22 Oktober adalah Hari Santri Nasional.  Momen bersejarah ini sudah dua tahun berjalan, dan pada tahun 2019 ini adalah tahun yang ketiga peringatan. 

Ribuan bahkan jutaan umat Islam Indonesi memperingati dan merayakan Hari Santri Nasioanl. Berbagai kegiatan diadakan dan dilaksanakan menyonsong  perayaan dan juga di saat pelaksankan. Dua hari sebelum Upacara HSN, tepatnya hari Ahad 20 Oktober 2019 warga Jatilawang mengawali dengan Jalan Sehat. 

MTs Ma’arif NU I Jatilawang  dengan seluruh siswanya bergabung dan larut dengan ribuan warga Nahdiyin se-Kecamatan Jatilawang  meramaikan jalan sehat santri. Lapangan Krida Jaya Tinggarjaya menjadi pusat kegiatan dan pelaksanaan Peringatan Hari Santri Nasional Wilayah Kecamatan Jatilawang. 

Kegiatan Jalan Sehat dimulai start dari Lapangan Krida Jaya Tinggarjaya. Kepala MTs Manusaja melepas ribuan peserta yang mengikuti jalan sehat yang melewati jalur dari lapangan ke utara, melintas Pondok Pesantren Roudlotul Huda Kedung Legok... sampai tanjakan Masjid Abu Mansyur.. di situ Banser menyebrangkan jalan raya seluruh peserta jalan sehat....

Sampai di perempatan selatan MTs Manusaja, sudah disiapkan Pos pengumpulan kupon dan seluruh kupon peserta jalan sehat wajib dimasukan ke dalam kotak kotak penjaga yang sudah tersedia, sobekan kecil untuk Panitia dan sobekan panjang untuk peserta yang akan digunakan sebagai sinkronisasi undian. Rute jalan sehat berakhir finish kembali ke Lapangan Utama Krida Jaya.

Ribuan warga memadati lapangan untuk menyaksikan detik-detik pengumuman undian. Ada ratusan bingkisan hadiah dan aneka hadiah utama yg menjadi daya penarik diantaranya 15 unit speda gunung, televisi LED, kompor gas dan mesin cuci sehingga warga tetap semangat antusias menunggu panggilan undian misteri itu hingga seluruh hadiah habis tak tersisa. 
Dalam pengumuman undian juga diselingi aneka tampilan dan pertunjukan seni yang hampir seluruhnya dari karya seni anak-anak  MTs Ma’arif NU Jatilawang mulai Drum Band, kentongan, tarian dan juga lagu-lagu keren hingga selesai kegiatan sekitar pukul 12.00 WIB.  

Pada hari Selasa, tanggal 22 Oktober 2019 inilah puncak kegiatan dan peringatan  Hari Santri Nasional. Ribuan warga Jatilawang dari seluruh elemen mulai lembaga pendidikan SD, MI, SMP, MTs, MA, SMA, staf kantor Kecamatan, staf kantor Kepala Desa, KUA, Dinas Kesehatan, Ormas, seluruh Ranting dan segenap Banom se-Kecamatan jatilawang bergabung mengikuti Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) dengan begitu antusias. 

Upacara dimulai pukul 07.30 WIB diawali dengan Parade Drum Band MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang  dengan tampilan cantik dan sangat memukau seluruh yang ada di Lapangan. Sekitar pukul 08.00 WIB Upacara dimulai dengan pemimpin Upacara dari Komandan Satkoryon Banser Kecamatan Jatilawang dan Inspektur Upacara langsung oleh Bapak Camat Jatilawang. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) untuk HSN tahun ini dipercayakan kembali kepada MA AL-FALAH Jatilawang, sementara pengiring musicalisasi setiap acara oleh Drum Band MTs Manusaja hingga rangkaian Upacara HSN tahun 2019 selesai dengan sukses dan selamat. 

Satu tekad untuk kita... “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia”

Kontributor: Ahmad Qodir

Posting Komentar

1 Komentar

Terima kasih atas saran dan komentar anda