Gebyar Tahun Baru Hijriyah MTs Ma'arif NU 1 Jatilawang


Semarak gegap gempita merayakan Tahun Baru Hijriyah 1441 yang tahun ini bersamaan dan bertepatan dengan tanggal 1 September 2019 terlaksana hampir di seluruh pelosok tanah air terutama pada Lembaga-lembaga Pendidikan Ma’arif, Pondok Pesantren dan Organisasi-organisasi Nahdlotul Ulama.

Begitu pula MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang dengan Kepala Madrasah Bapak Hanif Fauzi, S.Ag, M.P.dI sangat antusias dan hirroh yang tinggi penuh semangat li i’laa’i kalimatillaah dipadu dengan rasa patriotis mewujudkan NKRI harga mati, ikut melaksanakan perayaan Tahun Baru 1 Muharram 1441 Hijriyah dengan diawali kegiatan GEBYAR TAHUN BARU ISLAM dengan tema “ Mengukuhkan Generasi NU yang Teguh dalam Akidah, Unggul dalam Prestasi, dan Santun dalam Perilaku.  melakukan semarak “Pawai Obor” pada Ahad malam 1 Muharram 1441 Hijriyah di Lapangan Desa Tinggarjaya dan sepanjang jalan Desa Tinggarjaya bekerja sama dengan masyarakat Desa Tinggarjaya



Pada pagi hari ini yakni Senin tanggal 2 Muharram 1441 H bertepatan dengan 2 September 2019 M, MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang kembali menggelar rangkaian semarak Tahun Baru Hijriyah 1441 dengan menyelanggarakan Pengajian Spesial dalam rangka memperingati Tahun Baru Hijriyah di halaman MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang dengan pengisi ceramah seputar dan sekitar Tahun Baru
Hijriyah oleh Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Huda Kedung Legok Tinggarjaya Almukarom Bapak Kyai Mukhlisin Chasbullah dengan diikuti oleh 1.121 siswa-siswi dan 50 guru serta karyawan TU MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang. Kegiatan diawali dengan penampilan Gema Hadrah Siswa-siswi MTs Manusaja dan dilanjutkan lantunan lagu Indonesia Raya serta lagu Yalal Wathon.

   
Merangkai acara selanjutnya adalah penampilan Puisi Indah dengan tema “Tahun Baru Hijriyah” oleh ananda Noni Kartikasari dari kelas VIII C, serta penampilan Pidato cantik oleh ananda Ismatun Nafisah dari kelas IX A, peraih juara 1 pada Lombala pidato dalam rangka HARLAH Kemerdekaan RI yang ke-74 tingkat SLTP-SLTA se-Kecamatan Jatilawang.
Dilanjutkan penampilan ke-3 adalah Gema Hadrah Modern Guru-guru MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang dengan pengiring Orgen Profesional Bapak Nurdin, S.PdI  yang mampu menghipnotis pengunjung, menampilkan karya seni musik yang luar biasa keren  dan sangat memuaskan. 



Acara meriah ini juga dihadiri oleh Pengawas Madrasah dari Kemenag Banyumas Bapak H. Edi Sungkowo, M.Pd, beliau menyampaikan dan menyatakan bahwa MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang memang “Hebat” Teguh Dalam Aqidah, Unggul dalam Prestasi serta Santun dalam Perilaku.
Menyambung acara selanjutnya Penyerahan Hadiah yang dilakukan langsung oleh Bapak Hanif Fauzi, S.Ag, M.PdI kepada para juara pada Lomba-lomba perayaan Harlah Kemerdekaan RI ke-74 MTs Manusaja pada tanggal 14-15 Agustus 2019 lalu. Bapak Hanif Fauzi, S.Ag, M.PdI dalam sambutan tunggalnya menyampaikan bahwa setiap siswa, setiap kita haruslah sudah pasti membaca do’a awal dan akhir tahun Hijriyah pada setiap tahunnya dan menegaskan bahwa “Hari ini harus lebih baik dari kemarin”.   




Acara puncak kegiatan ini diisi dengan ceramah keagamaan seputar dan sekitar Tahun Baru Hijriyah oleh Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Huda Almukarom Bapak Kyai Mukhlisin Chasbulloh, beliau menegaskan      غيرزمانكم فى  يعيشون  فانهم علمواولادكم  bahwa kita harus mendidik  anak-anak kita dengan sebaik mungkin karena mereka akan hidup pada jaman yang mana kita tidak hidup pada jaman itu, di samping itu pemuda hari ini adalah para pemimpin di masa mendatang. Dan beliau menyampaikan juga tentang sejarah adanya tahun masehi dan tahun hijriyah.     
 


Kontributor : Ahmad Qodir

Posting Komentar

0 Komentar