Syekh Abdul Syakur, Guru Kiai Hasyim Asy'ari di Mekkah

Jakarta, NU Online
Kajian Turats Ulama Nusantara yang rutin digelar Islam Nusantara Center (INC) membahas tentang sosok Syekh Abdul Syakur Surabaya, guru Hadlratussyekh Muhammad Hasyim Asy’ari, Sabtu (5/8) besok di Sekretariat INC Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. 

Peneliti Islam Nusantara, Ahmad Ginanjar Sya’ban yang akan menjadi narasumber dalam kajian tersebut mengungkapkan, dari Syekh Abdul Syakkur, Hadratussyekh mengambil sanad kitab al-Hikam karangan Ibn Atha'illah al-Sakandari.

“Dalam catatan pribadinya (bertitimangsa bulan Ramadhan 1318 Hijri/Desember 1900), Hadratussyekh Hasyim Asy'ari menyebut salah seorang gurunya di Mekkah yang bernama Syekh Abdul Syakur Surabaya. Dari Syaikh Abdul Syakkur pula Hadratus Syaikh mengambil sanad kitab al-Hikam karangan Ibn 'Atha'illah al-Sakandari,” ujar Ginanjar, Jumat (4/8) dalam keterangan tertulisnya.

Namun, lanjut penulis buku Mahakarya Ulama Nusantara itu, tak banyak sumber yang menjelaskan keberadaan Syekh Abdul Syakur Surabaya ini, baik sumber-sumber Arab ataupun Nusantara sendiri. 

“Satu-satunya isyarat tentang keberadaan beliau ya dari catatan pribadi Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari itu,” terang Ginanjar.

Yang mengejutkan, ungkapnya, jejak intelektual Syekh Abdul Syakur justru terekam dalam catatan Snouck Hurgronje, orientalis Belanda yang berada di kota Makkah pada tahun 1885-1886 dan bertemu dengan Syekh Abdul Syakur Surabaya ini, selain dengan Syekh Nawawi Banten. 

Dalam catatan Hurgronje, imbuh Dosen Pascasarjana UNU Indonesia (Unusia) Jakarta ini, Syekh Abdul Syakur digambarkan sebagai sosok intelektual besar asal Nusantara yang memiliki reputasi cemerlang di Makkah, sepadan dengan Syekh Nawawi Banten. 

Menurutnya, Syekh Abdul Syakur Surabaya bahkan menjadi menantu dari Syekh Muhammad Syatha, ulama besar Mekkah pada zamannya yang juga orang tua dari Sayyid Bakri Syatha, pengarang Hasyiah I'anah al-Thalibin 'ala Fath al-Mu'in yang sangat populer di kalangan pesantren di Nusantara. (Red: Fathoni)

Posting Komentar

0 Komentar