Grup Peretas Ini Lahirkan Elite Teknologi Kelas Dunia

Beberapa eksekutif teknologi, sebelum terkenal, sempat meniti karir jadi peretas. Mereka tergabung dalam kelompok peretas yang namanya terdengar lucu, w00w00.

Kelompok ini merupakan ruangan chatting online yang mendiskusikan server secara privat dan aman. Menurut TechCrunch, Senin 3 Maret 2014, banyak jebolan kelompok chatting ini yang kemudian menjadi pemimpin dalam industri yang terkait dengan keamanan internet pada berbagai perusahaan ternama maupun mantan anggota yang menciptakan aplikasi hebat. Mulai dari Cloudmark, Yammer, Symantec, SecurityFocus, Immunet dan Sourcefire.

Salah satu jebolan kelompok ini yakni pendiri whatsApp, Jon Koum. Ia baru mencatatkan sejarah pada dunia teknologi digital setelah perusahaannya diakuisisi Facebook senilai US$ 19 miliar.

Nama beken lain juga muncul dari kelompok ini. Ada nama pendiri Napster, Shawn Fanning dan Sean parker, pendiri Napster yang lain sekaligus mantan presiden Facebook. Napster merupakan layanan yang mengawali shating musik dan file. "Tiap orang membincangkan mafia PayPal, tapi tak ada seorang yang mendiskusikan mafia w00w00," ujar salah satu sumber yang detail namanya.

Dibentuk sekitar 1996 dan masih aktif sampai dekade 2000-an, aktivitas sebenarnya ruangan chatting w00w00 memang tak banyak diketahui. Jejak chatting itu hanya disebutkan terdiri dari segala hal yang terkait dengan alat keamanan dan penasihat berbagai peserta kelompok dan liputan media yang mengumpulan melalui penemuan eksploit peranti lunak.

Ubah Nama
Dalam situs resminya, w00w00 mengklaim sebagai tim keamanan nirlaba terbesar di dunia, dengan satu titik terdapat lebih dari 30 peserta aktif yang tersebar di 12 negara dari lima benua. "Intinya w00w00 merupakan kumpulan orang yang suatu waktu tertarik pada keamanan internet," jelas anggota pendiri w00w00, Jonathan Bowie.

Pada usia ww00w00 menginjak 17 tahun, sang pendiri itu kemudian mengundang peretas untuk bergabung. Tapi setelah 8 hingga 9 bulan masuk ke dalam aktivitas chatt room, beberapa peserta memutuskan mengubah nama mereka.

Selain nama beken pendiri WhatsApp, beberapa jebolan w00w00 terkenal lainnya termasuk Dug Song (pendiri Duo Security), Michael A. Davis (CTO CounterTack), David McKay (karyawan awal Hotmail dan Google), Josha Bronson (Direktur Security of Yammer), Joshua J. Drake (Accuvant Labs), Andrew Reiter (peneliti di Veracode).
Turut bergabung Simon Roses Femerling (mantan peneliti Microsoft), Gordon Fyodor Lyon (pencipta Nmap Security Scanner), Adam O'Donnell (pendiri Immunet), dan Tim Yardley (peneliti keamanan infrastruktur vital).

Posting Komentar

0 Komentar