Tambahan Anggaran Alusista Kemenhan Ditolak

Usulan tambahan anggaran program alat utama sistem persenjataan (Alutsista) oleh Kementerian Pertahanan ditolak Kementerian Keuangan. Pasalnya, tidak tersedia ruang yang mencukupi dalam APBN 2014.

Seperti diketahui, besaran anggaran alutsista dalam pagu anggaran Kemenhan pada APBN 2014 mencapai Rp16,7 triliun. Kementerian Pertahanan dalam rapat tertutup bersama Komisi I DPR RI dan Kementerian Keuangan meminta tambahan anggaran tersebut menjadi Rp27 triliun.

"Belum disetujui (tambahannya). Karena sudah gak ada space dalam APBN (2014)," tutur Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani, ketika ditemui usai rapat di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2014).

Askolani menjelaskan usulan Kementerian Pertahanan selanjutnya masih akan dibahas di internal pemerintah untuk ditemukan jalan keluarnya. Dia sendiri belum bisa memastikan kemungkinan pembahasan anggaran tersebut dalam APBN-P 2014.

"Jadi dia sampaikan kebutuhannya. Menteri Pertahanan sampaikan itu kewajiban-kewajiban kontraktual. Nanti kita review saja di internal pemerintah," jelasnya.

Terpisah, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyampaikan pihaknya akan kembali membahas tambahan anggaran tersebut bersama kementerian terkait sesuai kesimpulan rapat bersama DPR tadi. Dia menjelaskan tambahan anggaran tersebut dikarenakan nilai tukar rupiah yang melemah dalam beberapa waktu terakhir yang mempengaruhi kontrak Kemenhan dengan beberapa negara lain.

"Kontraknya sudah disetujui, tapi karena ada kurs dolar naik. Berarti ada kekurangan. Itu yang kita minta. Tadi DPR kesimpulannya minta supaya kita pemerintah yang selesaikan itu Kemenkeu, Kemenhan dan Bappenas. Kita akan bahas lagi di (rapat) kabinet," tandasnya.

Posting Komentar

0 Komentar